Perbatasan Taba, antara Israel dan Mesir

Perbatasan di Taba adalah saat kami keluar dari negara Israel yang dikenal dengan nama Eliat Crossing, di kota pantai Eliat di laut merah, dan memsauki Mesir di Taba. Kebanykan orang menyebutnya dengan Taba Border atau Taba Crossing untuk mereka yang keluuar dari Israel memasuki Mesir atau Sebaliknya.

Cerita kali ini bagaimana pengalaman melalui Taba Crossing, setibanya di gerbang Eliat sekitar jam 11 siang waktu Israel, Bus yang membawa kita tidak bisa masuk membawa penumpang sampai gedung Imigrasi, kita harus diturunkan kurang lebih 300 meter sebelum Gedung Imigrasi. Passport sudah dikumpulkan kepada staff Isareel kita yang membantu proses di Imigrasi.  Jalur buat pejalalan kaki sudah tersedia, kita membawa koper dan bawaan masing masing sepanjang 300 meter, kemudian petugas memberikan Exit Sticker kepada kita masing masing bersama passport kita, setelah itu kita masih menunggu kurang lebih 10-15 menit.

 

 

Setelah itu kita masih harur berjalan 50 meter untuk masuk ke Gedung Imigrasi  yang tidak terlalu besar, satu per satu kita menaikan koper koper kita untuk di scan pada mesin pemindai, staff Israel kita sudah tidak diperkenankan untuk masuk, Setelah selesai pemeriksaan barang, kita masuk jalur  antrian pemeriksaan Passport, dimana sticker exit kita dicap dan diberikan kembali kepada kita.

Untuk informasi pemerintah Israel sudah tidak mencap pada buku Passport kita, sticker yang mereka beri pada saat Masuk di Allenbey Bridge perbatasan Jordan dan keluar melalui  Taba Mesir yang akan di cap, dan boleh saja sticker tersebut kita tempelkan di passport kita dengan resiko banyak negara lain khususnya di semenanjung Arab dan negara komunitas muslim  akan menolak kita masuk ke negaranya.

Setelah Passport control kita akan keluar dari sisi Israel dan berjalan kaki kembali cukup panjang sekitar 200-300 meter menuju area pemeriksaan memasuki Mesir, kembali kita akan memeriksa barang kita dan menaikan dan menurunkan dari mesin pemindai pun kita lakukan sendiri. Setelah pemeriksaan barang kita akan berjalan kaki lagi kurang lebih 200 meter menuju Gedung Imigrasi.

Gedung Imigrasi Mesir lebih besar, walaupun sebenarnya isinya seperti kosong hanya ada tempat duduk buat menunggu, meja meja standing untuk membantu kita menulis,  toilet umum dan tiga atau empat buah box passport control. Sesampai di gedung Imigrasi Mesir, kita telah ditunggu oleh staff dari perwakilan Mesir. Mereka memberikan welcome card untuk kita isi dan sticker visa Mesir yang tinggal kita tempel di Passport, setelah menempel dan isi welcome card kita langsung menuju box passpoer control yang hari ini hanya dua yang aktif, welcome card nya mereka tarik.

Selepas Passport control kita akan keluar dari gedung Imigrasi dan berjalan kaki kembali untuk keluar gerbang Imigrasi kurang lebih 200 meter untuk menuju tempat Bus menunggu kita, sudah banyak bus menunggu kedatangan wisatawan lain. Untuk yang menyebrang dari Mesir ke Israel pun bus berhenti ditempat yang sama dan traveler harus berjalan kaki membawa barang bawaan nya masing masing.

Untuk kemudahan perjalanan kita, perlu di ingat bahwa barang bawaan kita harus sangat simple dan terdiri dari satu koper beroda dan satu tas punggung, apabila kita terlalu banyak membawa barang kita akan menemukan kesulitan sendiri. Pemeriksaan keluar Israel tidak seketat saat kita masuk. Masuk Mesir juga relative tidak terlalu sulit dan mudah. Semoga dalam perjalanan perjalanan berikutnya selalu diberikan kemudahan dan kelancaran.

Leave a Reply

Call Now Button
× Butuh bantuan ? Available from 08:00 to 23:00